[Bundle] Role "Produk Utama" & Produk Bundle" → Struktur Bundle yang Lebih Mudah Dianalisis Oleh AI Untuk Kedepannya

Usulan: Tambahkan Role "Produk Utama" & "Produk Bundle" pada Bundle

Pak PM, fitur Bundle di Scalev ini sebenarnya sudah powerful banget. Tapi, menurut saya bisa dibuat jauh lebih powerful lagi kalau setiap produk di dalam bundle memiliki role yang jelas.

Saat ini semua produk yang dimasukkan ke bundle terlihat 'setara', sehingga sulit membedakan mana yang menjadi produk utama (trigger pembelian) dan mana yang merupakan produk bundle/bonus.

Mungkin terlihat sederhana, tapi ketika jumlah produk dan bundle sudah banyak, informasi ini akan sangat membantu untuk analisis.

Misalnya user ingin mengetahui:

  • Produk apa yang paling sering dijadikan produk utama?
  • Produk apa yang paling sering menjadi pelengkap bundle?
  • Bundle mana yang performanya paling tinggi?
  • Pola kombinasi produk mana yang menghasilkan konversi terbaik?

Kalau setiap item bundle memiliki atribut Primary Product dan Bundle Product, data tersebut akan jauh lebih terstruktur dan siap dianalisis.

Apalagi niiihhh, Scalev sekarang sudah bisa terhubung dengan MCP Claude. Dengan struktur data yang lebih rapi, AI nantinya bisa melakukan analisis yang jauh lebih dalam, misalnya:

  • Mengidentifikasi bundle top performer.
  • Menemukan pola kombinasi produk yang paling sering menghasilkan penjualan tinggi.
  • Memberikan rekomendasi, "Produk A paling cocok dikombinasikan dengan Produk B berdasarkan histori penjualan."
  • Memberikan saran bundle baru yang berpotensi meningkatkan AOV maupun conversion rate.

Kalo Spiderman bilang "With great power comes great responsibility"....Scalev bisa bilang:

"Good AI comes from good data structure." Semakin rapi struktur data yang dikumpulkan hari ini, semakin pintar fitur analitik dan AI yang bisa dibangun Scalev di masa depan.

Sekian dan Terima Kasih...

Uhuy...