[Media] Media Management: Upload Sekali, Pakai Berkali-kali

Usulan Improvement: Centralized Media Library buat Store

Pak, mau kasih usulan improvement kecil tapi menurut saya cukup impactful untuk workflow di Scalev.

Saat ini upload media “terikat” dengan workflow LP HTML Mode. Jadi ketika kita mau menggunakan gambar/file media, kita upload dari sana lalu mengambil URL-nya untuk dipakai di LP HTML.

Dengan kondisi sekarang user bisa berakhir melakukan upload file yang sama berkali-kali, padahal sebenarnya cukup ada 1 source media yang bisa dipakai di banyak tempat.

Mungkin Scalev bisa punya satu menu khusus, misal MEDIA LIBRARY di level Store. Konsepnya sederhana:

Store → Media → Upload → Copy URL

Kemudian media tersebut bisa digunakan di berbagai LP tanpa perlu upload ulang. Menurut saya ini akan membuat Scalev terasa jauh lebih rapi untuk user yang punya banyak LP/store, karena Media menjadi centralized asset, bukan sekadar bagian dari pembuatan LP.

Misal concern yang mungkin muncul dari sisi Scalev: "Nanti Scalev jadi tempat penyimpanan media user dong?" Menurut saya ini bisa diatasi dengan lifecycle policy.

Misalnya media yang masih digunakan oleh LP → tetap disimpan.

Sedangkan media yang sudah tidak direferensikan oleh LP/page mana pun selama periode tertentu, misalnya 90 atau 180 hari → bisa masuk kategori Unused Media, scalev berhat buat menghapus otomatis. Jadi Scalev tetap bisa mengontrol storage, sementara user mendapatkan benefit dari single source of truth untuk media.

Upload Sekali, Pakai Berkali-kali.

Sekian dan Terima Gaji