Halo tim Scalev,
Saya ada sedikit masukan terkait proses perpanjangan akun menggunakan fitur "Pay With Balance".
Dari sisi kepraktisan, fitur ini memang enak banget karena cukup 1 kali klik langsung terbayar. Cepat dan minim langkah.
Tapi justru karena terlalu instan, sebagai user saya sempat merasa sedikit "ngganjel" dari sisi experience.
Walaupun saya yakin sistem Scalev aman, tetap muncul perasaan bahwa saldo bisa langsung terpotong tanpa ada konfirmasi tambahan (misalnya OTP atau PIN), seperti yang umum ditemui pada transaksi finansial.
Kesan yang muncul di benak user kurang lebih seperti:
"Wah, ternyata semudah ini ya sistem bisa mengambil/memindahkan saldo saya."
Bahkan, kalau ada orang yang iseng atau belum paham cara kerjanya, bisa saja muncul asumsi atau tuduhan yang tidak benar, misalnya mengira Scalev bisa aja membuat aturan baru agar saldo pengguna bisa langsung terpotong tanpa persetujuan yang cukup.
Ini mungkin bukan soal keamanan, lebih ke rasa aman (perceived security) yang dirasakan pengguna. Dalam UX, rasa aman sering kali sama pentingnya dengan keamanan sistem itu sendiri.
Mungkin bisa dipertimbangkan untuk menambahkan satu lapis konfirmasi sebelum pembayaran diproses.
Semikian, sekian dan Terima Gaji ☕